ILMA YENI M. LOLOS SELEKSI JADI ATLIT ASIAN GAMES 2018

PENUH PRESTASI: Ilma Yeni Megawati menggigit emas saat menjadi juara 1 kejuaraan Abu Dhabi Grand Slam Ju-jitsu World Tour kelas – 62 Kg devisi white belt – adult di Tokyo Jepang.

GEMA- Salah satu mahasiswi UIN Malang mewakili Indonesia dalam cabang olahraga jujitsu di ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Mahasiswi tersebut adalah Ilma Yeni Megawati merupakan mahasiswi aktif Jurusan Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi.

Yeni, sapaan akrabnya tak menyangka terpilih manjadi atlit Asian Games pada cabang Jujutsu. Padahal sebelumnya selama 4 tahun terakhir vakum mengikiuti ajang beladiri jiujitsu. “ Saya mulai vakum sejak MA, karena harus mondok di Tulungagung dan fokus menuntut ilmu dan pihak sekolah meminta untuk istirahat berlatih jujitsu,” ungkapnya.
Tetapi, takdir berhendak lain, berbekal dengan prestasi 4 tahun sebelumnya, Yeni mendapatkan panggilan dari pusat untuk mengikuti seleksi menjadi atlit Asian Games. “Akhrinya bisa lolos seleksi menjadi salah satu 4 Putri terbaik bangsa di cabang beladiri jujitsu newaza untuk wakili Indonesia di Ajang Asian Games 2018,” sahut mahasiswi asal Udawanu Blitar.
Cabor Jumjitsu ini tergolong cabang perlombaan yang baru tahun 2017 di pertandingan Asian Games, apalagi pada sistem newaza jujiutsu merupakan pertandingan beladiri Jujitsu masih jarang yang mumpuni di bidang ini. “ Tantangan saya saat ini adalah bertanding di system newaza jujitsu atau nama lainnya brazilian jujitsu merupakan canang baru, saya harus maksimal untuk dapat meraih hasil yang terbaik” sambut anak ke 5 dari 6 bersaudara.

Persiapan yang panjang harus di jalani oleh saudari Yeni dalam mengikuti ajang Asian Games ini. Sejak bulan Januari 2018 sudah bergabung ke pelatnas di Jakarta untuk latian dan traing camp 2 kali di Abu Dhabi serta pertandigan try out di Jepang. “ Oleh sebab itu saya semester ini cuti kuliah, karena harus fokus untuk mengukur dan mengasah kemampuan bertanding, “imbuhnya. Selain itu , masih banyak hal yang ia lakukan dalam mengikuti ajang ini dengan melakukan latihan fisik dan teknik di luar jam wajib latihan, banyak melihat video tutorial teknik, mengikuti training ESQ serta tidak lupa untuk berdoa sebagai penguat agar selalu fokus ketika bertanding.
Suport keluarga menjadi hal terpenting bagi dia,“ Orang tua selalu mendukung penuh perjuangan saya, bahkan memberi dukungan di luar dugaan, yang membuat semakin bertekad untuk melakukan yang terbaik bagi bangsa Indonesia dan dapat menjadi Juara Umum dalam pergelaran Asian Games tahun ini.

Adapaun prestasi yang di raih oleh saudari Yeni sebelumnya pada tahun 2009 Juara 1 kelas Junior Putri – kejuaraan Ju-jitsu SMADA CUP antar pelajar Se-Jawa Timur. Tahun 2010 Juara 1 kelas C Kumite Perorangan Putri – kejuaraan Ju-jitsu antar pelajar Se-Eks karesidenan Kediri, Juara 1 Kumite Beregu Putri – kejuaraan Ju-jitsu antar pelajar Se-eks karesidenan Kediri, Juara 1 Demo Kata Beregu Putri – kejuaraan Ju-jitsu antar pelajar Se-Eks karesidenan Kediri. Tahun 2011 Juara 1 kelas C Kumite Perorangan Putri kejuaraan Ju-jitsu UM Ponorogo Open Tournamen, Juara 1 demo kata beregu – kejuaraan Ju-jitsu UM Ponorogo Open Tournamen , Juara 1 kelas C Kumite Perorangan Putri – kejuaraan Ju-jitsu OPEN V piala Rektor UNESA, Juara 1 kelas D Senior Putri – kejuaraan Ju-jitsu antar pelajar dan Ground Fighting Se-Jawa Timur piala bupati Ngawi, Juara 1 kelas D Kumite Perorangan Putri -jd kejuaraan Ju-jitsu antar pelajar dan Special Fight Se-Jawa Timur di Trimurti, Jujitsan terbaik putri – kejuaraan Ju-jitsu antar pelajar dan Special Fight Se-Jawa Timur di Trimurti, Juara 1 kelas D Kumite Perorangan Putri – Kejuaraan Nasional IJI piala wakil Presiden RI. Di Tahun 2014 Juara 1 kelas C Kumite Perorangan Regular Putri – kejuaraan Ju-jitsu Se-Jawa di Univet Sukoharjo. Dan di Tahun 2018 Juara 1 Newaza Putri kelas F +61 Kg usia +15 kejurda DKI, Juara 1 Newaza Senior Putri -60 Kg kejurda Jawa Barat, Juara 1 Newaza Putri -62 Kg Indonesian test even Ju-Jitsu Championship Road to Asian Games, Juara 1 kejuaraan Abu Dhabi Grand Slam Ju-jitsu World Tour kelas – 62 Kg devisi white belt – adult di Tokyo Jepang. (dr)

(Ajay)