Penelitian

Jurusan Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi di Universitas Islam Malang mempunyai anggota jurusan dan peneliti aktif yang telah berpengalaman, menggabungkan pengalaman mengajar, penelitian dan publikasi bertaraf internasional.

Strategi penelitian, tema, dan topik didasarkan pada isu-isu kritis dalam penelitian akademis dan mencerminkan wacana kontekstual terkini tentang arsitektur.

Penelitian arsitektur bertujuan untuk kontribusi kemajuan pengetahuan yang menginformasikan praktik arsitektur dan desain, berkontribusi terhadap penciptaan lingkungan yang dapat ditempati yang berhubungan dengan sosial dan mencerminkan tanggung jawab yang baik terhadap lingkungan, budaya, dan masyarakat.

Penelitian arsitektur dilihat dalam dua perspektif; a) penelitian yang bertujuan untuk menggapai masa depan melalui pemahaman yang lebih baik tentang masa lalu, yaitu penelitian yang menguji gagasan yang dapat diterima secara referensial, dan b) penelitian yang menggali gagasan dan konsep baru yang akan membentuk masa depan, yaitu penelitian yang mengembangkan visi baru dan pemahaman konsep. Fokus penelitian sangat luas dan membahas isu yang berorientasi teknis, terfokus secara konseptual, pendalaman secara filosofis dan historis di lapangan.

Menunjang penyelenggaraan kegiatan pendidikan arsitektur yang profesional, Islami dan berwawasan kebangsaan.  Peningkatkan mutu penelitian dalam pengembangan integrasi antara keilmuan arsitektur dengan nilai-nilai Islam yang holistik dan universal.

Tema dalam penelitian adalah integrasi nilai-nilai islami dalam bidang keilmuan arsitektur baik itu fisik, ekonomi, sosial dan budaya. Tujuannya adalah untuk berkontribusi pada kemajuan pengetahuan dengan mengembangkan temuan penelitian yang didasarkan pada pendekatan konseptual dan empiris.

Isu yang dibahas dalam penelitian melibatkan penggunaan metode yang tepat untuk menganalisis, merancang, menilai, dan memberikan lingkungan yang lestari sehingga dapat ditempati pada skala yang berbeda, mulai dari ruang interior, eksterior, arsitektur lansekap, dan ruang publik perkotaan. Kegiatan penelitian mencakup 5 (lima) kelompok bidang keilmuan yaitu: 1) IADE, 2) IUBE, 3) KB, 4) ST dan 5) TSA.