Sejarah

  • Sejarah Jurusan Teknik  Arsitektur

Jurusan Teknik Arsitektur didirikan berdasarkan Keputusan bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Agama RI Nomor 1/0/SKB/2004 dan ND/B.V/I/Hk.00.1/058/04 tentang Perubahan Bentuk Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Kalijaga Yokyakarta menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yokyakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malang menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Malang dan Keputusan Dirjen Kelembagaan Agama Islam No DJ.II/54/2005 tentang Izin Penyelenggaraan program Studi Jenjang Strata satu (S-1) pada Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang Jawa Timur. Sampai sekarang jurusan belum membentuk program studi baru sebagai pengembangan jurusan, karena masih dalam pembenahan secara internal maupun eksternal organisasi.

Jurusan Teknik Arsitektur mengemban tugas untuk mengembangkan keilmuan arsitektur, tidak terlepas dari perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) sebagai salah satu syarat dalam berkompetisi di era globalisasi, tanggap terhadap persoalan dalam masyarakat yang diwujudkan dalam disain lingkungan binaan yang inovatif, kreatif, dan imajinatif serta berkelanjutan. Selain itu Jurusan Teknik Arsitektur merupakan bagian dari lembaga pendidikan tinggi Islam berperan aktif dalam mengangkat keilmuan arsitektur yang terintegrasi dengan Islam berdasarkan al-Qur’an dan Hadist berupa Pusat Studi Arsitektur Islam.

Pada tahun 2016 jurusan mengajukan akreditasi kepada Badan Akreditasi Nasional (BAN).  Keberadaan jurusan saat ini telah mendapat pengakuan secara nasional sebagai bagian dari Pendidikan Tinggi di Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen nomor: 0909/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2017 dengan masa berlaku sampai dengan 29 Maret 2022 dengan nilai akreditasi B.

 

  • Penyelenggaraan PS Pertama : 23 Januari 2004
  • Nomor SK Pendirian PS           : 1/0/SKB/2004
  • Tanggal SK                                  : 23 Januari 2004
  • Pejabat Penandatangan SK      : Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri  Agama RI

 

  • Visi

Visi Jurusan Teknik Arsitektur UIN Maliki Malang adalah menjadi jurusan teknik arsitektur sebagai pusat pengembangan integrasi holistik antara keilmuan arsitektur dengan nilai-nilai Islam yang universal dan rahmatan lil alamin dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, untuk menghasilkan lulusan teknik arsitektur yang memiliki kompetensi dan profesionalisme yang ditopang oleh kedalaman spiritual dan keagungan akhlak dalam setiap perilaku berkarya dan bermasyarakat.

  • Misi

Terdapat empat misi Jurusan Teknik Arsitektur UIN Maliki Malang. Pertama, menyelenggarakan kegiatan pendidikan arsitektur yang profesional, islami dan berwawasan kebangsaan; Kedua, meningkatkan mutu penelitian dalam pengembangan integrasi holistik antara keilmuan arsitektur dengan nilai-nilai Islam yang universal, dan rahmatan lil alamin; Ketiga, meningkatkan mutu pengabdian masyarakat dalam bentuk partisipasi perancangan lingkungan binaan islami dan perbaikan kualitas lingkungan binaan (masyarakat dan alam); Keempat, menghasilkan lulusan teknik arsitektur yang memiliki kompetensi dan profesionalisme di bidang arsitektur dan ditopang oleh kedalaman spiritual dan keagungan akhlak dalam setiap perilaku berkarya dan bermasyarakat.

 

  • T u j u a n

Terdapat tiga tujuan Jurusan Teknik Arsitektur UIN Maliki Malang. Pertama, menjadikan Jurusan Teknik Arsitektur UIN Maliki Malang sebagai pusat studi arsitektur Islam yang mengembangkan keilmuan arsitektur berdasarkan nilai-nilai Islam yang mencerminkan universalitas sekaligus mewadahi lokalitas dan jati diri keindonesiaan, sehingga mampu memberikan manfaat terhadap keberlanjutan masyarakat dan keberlanjutan alam. Kedua, mengembangkan upaya-upaya penerapan arsitektur Islam sebagai salah satu aspek pembentuk peradaban yang menjadi rahmat bagi semesta alam, yang seluruhnya bertujuan untuk meraih ridha Allah swt. Ketiga, menghasilkan lulusan Sarjana Teknik Arsitektur yang islami dan kompeten (menguasai pengetahuan arsitektur dan teknologi desain dalam melaksanakan profesinya; mengekspresikan gagasan arsitektural secara kreatif, inovatif, imajinatif, adaptif, dan sistematis; memiliki kemampuan manajerial; memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap kondisi masyarakat dan lingkungan alam).

 

  • Standar Kompetensi Lulusan

Sasaran Jurusan Teknik Arsitektur UIN Maliki Malang adalah (1) Lulusan memiliki kemampuan perancangan objek-objek arsitektur, baik pada tingkatan konseptual maupun operasional secara solutif dan kreatif, (2) Lulusan memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan ilmu arsitektur dan ilmu-ilmu keislaman yang dimilikinya dalam berbagai aspek perancangan objek arsitektur, (3) Lulusan memiliki kekuatan spiritual dan emotional quotient yang dapat dikembangkan dalam kehidupan profesionalnya, (4) Lulusan memiliki kemampuan akademis untuk melanjutkan studinya lebih lanjut.