Perjalanan Dua Dekade Arsitektur UIN Malang Dalam Sebuah Exhibition

Perjalanan Dua Dekade Arsitektur UIN Malang Dalam Sebuah Exhibition

Dalam usianya yang telah menginjak kepala dua, arsitektur UIN Malang melakukan sebuah serangkaian acara akbar dalam merayakan milestone yang selama ini telah dicapai. Hal ini diwujudkan dalam pameran yang diselenggarakan dalam satu minggu penuh mulai pada tanggal 19 – 24 Februari lalu. Dalam pameran tersebut terdapat hasil karya-karya dari seluruh bagian dari keluarga arsitektur UIN Malang. Sebuah perayaan dan juga apresiasi, tentunya.

 

Berbagai karya yang ada seperti sebuah mesin waktu yang mengalir di seluruh lorong prodi arsitektur UIN Malang. Begitu banyak karya-karya dari mahasiswa dan juga para alumni menjadi inspirasi yang di daur ulang dan dikembangkan kembali. Seperti ruang eksplorasi yang tak lekang oleh waktu. Ada satu hal yang cukup unik dalam pameran ini, yaitu terdapat instalasi karya dari tugas ujian akhir semester mata kuliah Estetika Dasar mahasiswa angkatan 2023. Instalasi yang memiliki bentuk begitu eksploratif itu apabila dirangkai menjadi suatu kesatuan sebenarnya akan membentuk tulisan “ARSITEKTUR”.

 

Disamping itu, pameran ini menciptakan sebuah ruang yang sebelumnya hanya menjadi sirkulasi menjadi ruang yang memiliki interaksi. Seakan-akan sebuah throwback melihat karya-karya lawas yang timeless dalam pameran ini. Hasil sebuah pemikiran dalam kelas studio yang menjadi pelajaran di tiap masing-masing individunya. Tak luput juga dengan nilai Islami yang merupakan salah satu capaian dari mata kuliah Desain Arsitektur Islami itu sendiri.

Dalam pameran ini menceritakan sebuah perjalanan para mahasiswa, alumni, prodi, juga para dosen. Tergambar dalam sebuah narasi dan penggalan cerita pendek tiap angkatan yang lahir di prodi arsitektur UIN Malang, lalu juga ada narasi bagaimana prodi arsitektur UIN Malang merintis dan mencapai milestone yang ada hingga saat ini, dan ada karya-karya unggulan dari arsitektur UIN Malang yaitu Journal of Islamic Architecture (JIA).

Sebuah cerita singkat dalam pameran yang memiliki tema, “We Unite, We Grow!” dengan semangat dan tujuan untuk merayakan perjalanan arsitektur UIN Malang selama dua dekade ini, harapannya agar semuanya bisa saling bersinergi dan tumbuh bersama antar semua keluarga arsitektur UIN Malang. Tentunya perjalanan tidak akan berhenti disini, masih ada milestone, tujuan, dan juga doa yang terpanjatkan untuk masa yang akan datang. Semoga kedepannya arsitektur UIN Malang menjadi semakin baik dan memberikan manfaat terhadap semua insan yang ada di dalamnya, Aamiin. Salam Arsitektur!