Salam Arsitektur! Salam Mahasiswa Indonesia!

Tidak terasa, Tahun Ajaran baru mulai menyapa. Ada mahasiswa yang baru saja wisuda, yang masih berkutat dengan Tugas Akhir,  yang baru jadi kakak Tingkat dan ada juga yang baru manyandang sebutan “Mahasiswa Baru”. Dan tentu saja, pergantian kepengurusan organisasi kemahasiswaan, Himpunan Mahasiswa Teknik Arsitektur Hajar Aswad atau biasa disebut HIMATA Hajar Aswad. Organisasi inilah yang menjadi wadah bagi keluarga besar (khusunya mahasiswa) Teknik Arsitektur, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk berkontribusi dan berinovasi dalam mencapai kebermanfaatan, baik bagi keluarga Teknik Arsitektur, keluarga UIN Maulana Malik Ibrahim Malang maupun Indonesia.

Mulai dibentuk pada tahun 2004, HIMATA diberi nama “Hajar Aswad”, yang berarti batu hitam. Kata ini, sudah tidak asing dalam kisah Nabi Ibrahim AS dan anaknya, Nabi Ismail AS saat mendirikan Rumah Allah, Ka’bah. Mengapa harus Hajar Aswad? Karena batu hitam tersebut mengajarkan makna filosofis tentang kerendahan hati ketika beribadah kepada Allah dan menyadarkan kita tentang keterbatasan manusia dalam menentukan takdir, kecuali atas pertolongan Allah.

Siapa sangka, jika periode 2021 ini masih beroperasi di tengah pandemi COVID-19. Walaupun begitu, kami akan senantiasa melangkah untuk menemukan solusi-solusi brilian dan merealisasikannya sehingga kepengurusan akan terus berjalan sebagaimana mestinya. Keterbatasan karena pandemi ini mungkin tidaklah mudah, tetapi itu bukanlah suatu hambatan melainkan sebagai batu loncatan untuk menjadi lebih solutif lagi. Tanpa mengurangi semangat kemahasiswaan, langsung saja kita berkenalan lebih dekat dengan  ikon dari Mahasiswa Teknik Arsitektur, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang!

 Selamat berkenalan!

  • PENETAPAN NAMA HIMATA

Organisasi pertama kali berdiri tahun 2004, bersamaan dengan lahirnya Jurusan Teknik Arsitektur UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan nama, Himpunan Mahasiswa Teknik Arsitektur (HMJ-TA). Kemudian pada tahun 2009, berganti nama singkatan yang awalnya HMJ menjadi HIMATA. Lalu, pada 2012 terdapat penambahan “Hajar Aswad” dan berganti singktan menjadi HIMA HAJAR ASWAD. Selanjutnya, berganti singkatan menjadi HIMATA Hajar Aswad pada tahun 2016, nama yang digunakan hingga saat ini.

  • LAMBANG

Lambang HIMATA Hajar Aswad terdiri dari unsur dan arti tertentu, seperti berikut ini. Orange : Warna yang melambangkan sosialisasi, semangat pemuda yang tinggi, kreatif,

  • penuh harapan. Layaknya semangat Siti Hajar yang bersusah payah untuk mendapatkan sumber air demi putranya tercinta. (C = 0, M = 76, Y = 100, K = 0, code: #EC6722)
  • Hitam : Warna yang menunjukan keikhlasan layakanya semut hitam di gelap malam serta mempunyai makna kekuatan layaknya kekuatan Siti Hajar yang mampu berlari dari Shafa ke Marwa sampai 7 kali demi melindungi anaknya yang sedang kehausan. (C = 100, M = 100, Y = 100, K = 100, code: #1D1819)
  • Putih : melambangkan kemurnian, kesucian, ketentraman, ketenangan. Layaknya kesucian dan ketulusan hati Siti Hajar untuk melindungi putranya dari kehausan. (C = 0, M = 0, Y = 0, K = 0, code: #FFFFFF)
  • Jumlah warna hitamnya lebih banyak daripada warna lainya sebagai harapan adanya rasa keihkhlasan yang besar dalam HIMATA Hajar Aswad.f)
  • Pola yang ada didalam logo dan tidak searah jarum jam mempunyai makna bahwa semuanya berangkat dari dalam diri.
  • Terdiri dari dua sudut lengkung dan dua sudut lancip yang searah dan sejajar dimana terdapat pertemuan garis horizontal dan vertical. Keberadaan garis verticalsebagai hubungan terhadap sang Pencipta tidak bisa ditawar lagi, sedangkan garis horizontal yaitu hubungan sesama manusia yang sifatnya dinamis dilambangkan dengan lengkung.
  • MARS HIMATA

MARS

Cipt : Mas Brus (2009)

Tunjukkan semangatmu Kepada arsitektur Berikan yang terbaik Kepada arsitektur

Kami ini Anak teknik Memberikan yang terbaik

Kami jago di studio Kami jago di HIMATA

Karena kami anak arsitektur

Dijurusan di HIMATA kami tetap JAYA

Karena kami tak mau dijajah

Dijurusan di HIMATA kami tetap JAYA Karena kami anak arsitektur

  • JARGON

Jargon kami merupakan harapan besar sebagai Mahasiswa Teknik Arsitektur yang dirangkum dalam kalimat “Jadilah Arsitek Nan Cerdas Ulet Kreatif”.

  • KEANGGOTAAN

Anggota HIMATA Hajar Aswad adalah seluruh mahasiswa jurusan Arsitektur yang masih dan atau pernah menempuh studi di Jurusan Arsitektur UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

  • VISI DAN MISI

VISI. Menjadikan himpunan sebagai ruang untuk menumbuhkan keteladanan perilaku dalam mencapai pemahaman keilmuan arsitektur yang luas dan mendalam, serta sebagai ruang yang harmonis demi mempererat kekeluargaan antara elemen jurusan, alumni, himpunan, dan seluruh angkatan untuk menghasilkan mahasiswa yang produktif dan kreatif.

MISI

  1. Membawa mahasiswa mengikrarkan sumpah setia untuk menjunjung nilai kekeluargaan dan keloyalitasan.

Memberikan sebuah wadah produktivitas dan kreativitas mahasiswa dalam menggali

  1. keilmuan berarsitektur.
  2. Mengaplikasikan dan menerapkan keilmuan arsitektur kepada lingkungan masyarakat sekitar.

Bagaimana? Sudah cukup kenal dengan HIMATA Hajar Aswad, bukan? Lalu, seperti apa struktur dan pembagian divisi dalam HIMATA? Bagaimana cara daftar untuk jadi pengurus?  Penasaran? Baiklah, penasarannya ditunda dulu, sampai jumpa di tulisan berikutnya!

Salam Arsitektur! Salam Mahasiswa Indonesia!