Kajian Rencana Relokasi Bagi Warga Terdapak Erupsi Gunung Semeru di Desa Sumbermujur

Kajian Rencana Relokasi Bagi Warga Terdapak Erupsi Gunung Semeru di Desa Sumbermujur

Senin, 20 Desember 2021
Rumah Amal Salman bersama tim siteplan ITB dan UIN Malang melakukan kegiatan survey topografi dan kajian siteplan di kawasan relokasi warga terdampak erupsi Gunung Semeru tepatnya di desa Sumbemujur.

Saat ini secara paralel ditempat relokasi dilakukan kegiatan Land Clearing oleh TNI, Pemetaan secara detail menggunakan drone oleh tim ITB serta survey wawancara masyarakat terdampak oleh tim Planologi ITB dan Arsitektur UIN Malang.

Saat diskusi teknis perencanaan kawasan relokasi sekitar jam 18.30 di Pendopo Alun-Alun Lumajang, Bupati Lumajang berharap kawasan relokasi yang dibangun bukan hanya sekedar menjadi tempat pemindahan pemukiman warga yang terdampak. Tetapi diharapakan kawasan yang akan dihuni 2000 kepala keluarga ini menjadi desa baru yang berkelanjutan dengan perpaduan konsep budaya, alam dan teknologi. Kemudian desa ini juga menjadi kawasan pusat perekonomian baru di Sumberejo yang berdampak secara inklusif kepada masyarakat lokal yang telah lama bermukim di lokasi.

Ditargetkan sebelum tanggal 27 Desember 2021 tim ITB dan UIN Malang dapat memberikan rekomendasi berupa siteplan, maket dan dokumen 3D untuk rancangan besar kawasan desa relokasi ini
Rencana terdekat dari tim ITB adalah survey topografi dan pemetaan detail untuk kawasan relokasi di desa Oro Oro Ombo, kecamatan Pronojiwo

Source