Kilas Balik Perayaan 20th Teknik Arsitektur UIN Malang

Kilas Balik Perayaan 20th Teknik Arsitektur UIN Malang

Acara puncak “Awarding and Gathering 20th Arsitektur UIN Malang” ini merupakan salah satu bentuk rasa syukur dari Prodi Teknik Arsitektur dalam perjalanannya selama ini. Acara ini meriah dihadiri para mahasiswa, dosen, staff dan juga para alumni. Sambutan diawali oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Sri Harini, M.Si (Dekan Fakultas Saintek), diikuti oleh Ibu Dr. Nunik Junara, M.T selaku Kaprodi Teknik Arsitektur, dan juga Bpk. Mohammad Arsyad Bahar, S.T, M.Sc. Acara ini juga dihadiri oleh tamu spesial yaitu Bpk. Ar. A. Indra Permana, S.T, IAI selaku ketua IAI Malang.

Sejarah berdirinya Prodi Teknik Arsitektur UIN Malang yang diceritakan Bapak. Drs. Abdul Basid, M.Si. dan Ibu Elok Mutiara, M.T. selaku pemrakarsa dari awal mula Arsitektur UIN Malang dibangun merupakan sebuah titik awal yang hingga saat ini kita perjuangkan bersama-sama.

Sambutan demi sambutan dan doa dipanjatkan dengan tujuan agar dengan dilaksanakannya acara ini kedepannya Prodi Teknik Arsitektur UIN Malang menjadi lebih baik dan meraih masa depan yang cerah.

Acara diawali dengan awarding dari DAI Awards 2024. yaitu penghargaan hasil perancangan bagi karya terbaik dari pada finalis yang telah diseleksi oleh para juri. Untuk pertama kalinya diadakan DAI Awards ini bertujuan untuk memotivasi para mahasiswa untuk mendorong kemampuannya dalam menjalani mata kuliah studio DAI yang ditempuh tiap semesternya.

Berikutnya merupakan acara talkshow yang diisi oleh Ibu Tarranita Kusumadewi, M.T., salah satu mahasiswa tugas akhir, dan alumni. Dalam segmen ini bercerita tentang perbandingan Arsitektur UIN Malang masa lalu dibanding masa sekarang, dalam dua dekade ini memang banyak sekali perubahan yang terjadi, terutama dalam lingkungan dan suasana yang ada di Prodi Teknik Arsitektur.

Rangkaian selanjutnya adalah acara seru-seruan semacam “dosen awards” yang dimana terdapat beberapa kategori seperti dosen ter-disiplin hingga dosen ter-asyik. Dari ini kita tahu bahwa betapa banyak karakter dosen yang ada di Prodi Teknik Arsitektur menjadikannya banyak sekali sudut pandang dalam mendidik maupun merancang. Bagaimanapun juga karakter para dosen, sebagai mahasiswa pasti akan tetap menghormati para dosen sebagai guru selama menempuh pendidikan di prodi.

Terdapat penampilan-penampilan yang diisi oleh para mahasiswa untuk memeriahkan acara ini. Anak arsi gak hanya jago gambar aja lho!

Setelah acara penampilan, acara ditutup dengan doa oleh Ustadz Yulianto yang sekaligus sebagai rangkaian acara terakhir pada perayaan ulang tahun yang ke-20 tahun ini. Harapannya dengan diadakan acara Awarding & Gathering ini dapat menyambung tali silaturahim antar dosen, mahasiswa, dan juga para alumni agar bisa saling bersinergi dan menjadikan Arsitektur UIN Malang menjadi prodi yamng unggul. Aamiin.

Arsitektur UIN Malang selama dua dekade ini tentunya banyak sekali perubahan dan kemajuan yang sudah terjadi. Dimulai dari angkatan pertama yang jumlahnya tak mencapai puluhan dan hingga kini angkatan terbaru yang mencapai ratusan. Para dosen pendidik juga yang awalnya berjumlah tak lebih dari sepuluh orang, hingga sampai saat ini dosen yang sudah berjumlah puluhan orang. Tak lupa juga tuaian prestasi yang selama ini diperjuangkan, tak luput juga dari karya-karya dari alumni yang mengagumkan. Semuanya membaur seperti sebuah keluarga, saling bertukar pikiran dan saling mendorong demi sebuah kemajuan. Salam arsitektur!